KPK Tempatkan Bantaeng Sebagai Daerah Penilaian Integritas Tertinggi di Sulsel 

Sulsel

LINIKATA.COM – Memasuki awal triwulan pertama tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bantaeng meraih sukses luar biasa setelah meraih penilaian integritas tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Memasuki awal triwulan pertama tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bantaeng, sukses meraih penilaian integritas tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lembaga anti rasuah ini mengeluarkan rilis hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) pada Jumat, 26 Januari 2024 lalu.

Berdasarkan hasil dari SPI tersebut Kabupaten Bantaeng meraih hasil penilaian integritas oleh KPK pada tahun 2023 dengan nilai 76.41 persen dimana sebelumnya pada tahun 2022 Bantaeng meraih nilai 75.19 persen.

Artinya Kabupaten Bantaeng naik sebesar 1.22 persen untuk hasil penilaian integritas berdasarkan SPI yang dibuat oleh KPK.

Adapun hasil dari SPI adalah rekomendasi perbaikan sistem pencegahan korupsi yang bertujuan meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan perbaikan sistem anti korupsi.

Kegunaan SPI ini, sebagai indikator pencegahan korupsi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020 – 2024 dan indikator Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMRB) KemenPan RB.

Dalam SPI oleh KPK melakukan penilaian kepada lembaga tinggi, lembaga dan pemerintah daerah dengan beberapa metode, yaitu metode pengumpulan data baik itu internal maupun eksternal.

Kemudian survey tingkat keyakinan dan risiko kejadian, suap dan gratifikasi. Penilaian integritas berupa nepotisme dan jual beli jabatan serta pengelolaan SDM.

Juga survei menyasar pada resiko penilaian integritas dari perjalanan dinas, SPJ honor, transfortasi serta resiko penyalahgunaan anggaran perjalanan.

Hasil dari Survei ini dipublikasikan di JAGA.ID dan ini dapat dilihat oleh seluruh pemangku kepentingan.

Menanggapi hal ini, Penjabat Bupati Bantaeng Andi Abubakar kepada media ini, Rabu (1/2/2024) mengucapkan rasa syukur atas capaian ini.

Dirinya berharap agar seluruh stakeholder di kabupaten Bantaeng dapat menjaga integritas dalam menjalankan roda pemerintahan.

Capaian dari kabupaten Bantaeng ini, menggenapi prestasi kabupaten Bantaeng sebelumnya.

Di mana pada tahun 2023 lalu, Kabupaten Bantaeng meraih prestasi yang cukup gemilang di awal kepemimpinan Pj Bupati Bantaeng.

Capaian itu meliputi, penghargaan untuk Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) tertinggi di Sulsel, Top 30 pelayanan publik dari KemenPan RB untuk aplikasi SAMAWAKI, penghargaan dari Kemenkes Swasti Saba Wistara untuk Kabupaten/Kota Sehat, Anugerah Meritokrasi 2023 dari KASN dan Digitalisasi dan Pengawasan Kearsipan kategori Baik.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *